Powered By Blogger

Wednesday, April 8, 2020

Apakah Perlu Menggunakan Benang Gigi (?)


Benang Gigi - Di Indonesia masih terhitung jarang yang menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi.Karena dirasa membersihkan gigi dari sisa makanan cukup dengan sikat dan pasta gigi saja. Padahal tidak. Sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat mengakibatkan terjadi plak yang membuat gigi berlubang. Dengan menggunakan benang gigi atau dental floss, membersihkan mulut lebih efektif 40% dibandingkan dengan menyikat gigi. Benang gigi seperti apa? Manfaatnya apa saja? Simak informasi dibawah:

Pengertian Benang Gigi
Benang gigi atau dental floss adalah salah satu alat yang efektif untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal dalam mulut yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Walaupun sudah menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari setelah makan, tidak menjamin gigi bersih tuntas dari plak.  
Manfaat Benang Gigi
Membersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss tentu banyak memiliki manfaat untuk kesehatan mulut, diantaranya:
1.    Terhindar dari penyakit

Sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak langsung dibersihkan sehingga menumpuk, dapat mengakibatkan plak yang banyak menempel pada gigi. Tentunya ini berdampak pada kesehatan mulut yaitu bau mulut, gigi menjadi berlubang, dan gusi menjadi sakit atau periodontal.

2.    Bersih dari plak membandel

Sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak langsung dibersihkan maka akan mengakibatkan zat asam. Zat asam tersebut membuat gigi berlubang, gigi semakin terkikis dan bisa sampai sakit gusi. Selain itu bisa menghindari pembentukan karang gigi. Karena jika semakin tebal maka akan semakin sulit dibersihkan dan membekas. Tentunya jika berbicara dengan orang lain menjadi tidak percaya diri.

3.    Terhindar dari 500 jenis bakteri
Sebagai makhluk hidup kita memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Namun berbagai macam makanan yang kita konsumsi, beragam pula bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh kita terutama pada mulut. Karena bisa dari berbagai faktor, tangan kita yang kurang bersih, alat makan yang kurang bersih, cara pengolahan makanan yang kurang bersih, bahkan sampai bahan-bahan makanan yang kurang bersih. Tentunya jenis bakteri yang bisa berkumpul dalam mulut kita bisa berjumlah 500 bakteri. Mengerikan bukan?! Untuk itu dengan perlindungan ganda membersihkan gigi dengan menyikat gigi dan benang gigi atau dental floss, agar sisa makanan tidak ada yang tertinggal.

Cara Memakai Benang Gigi
Masih banyak yang awam bagaimana cara menggunakan benang gigi atau dental floss dengan benar. Karena minimnya pemakaian benang gigi atau dental floss oleh masyarakat. Simak cara memakai benang gigi dengan benar:
1.    Ambil benang gigi atau dental floss sepanjang 45cm
2.    Lalu di lilitkan ke jari tengah pada kedua tangan anda
3.    Lilit dengan bantuan jari telunjuk
4.    Lalu jepit lilitan benang gigi dengan jari telunjuk dan ibu jari untuk menahan benang gigi agar lurus dengan kencang.
5.    Gesekkan benang gigi atau dental floss ke sela-sela gigi dengan pola membentuk C atau mengikuti menempel penuh pada gigi.
6.    Jangan digesekkan dengan kencang terlebih terkena gusi, karena mengakibatkan perdangan pada gusi sehingga menjadi luka.
7.    Jika digosokkan dengan posisi benang lurus tegak, karena nanti benangnya menjadi tidak rapih dan rusak.
8.    Gesekkan benang gigi atau dental floss pada gigi dengan arah naik turun dan kearah keluar bukan ke arah dalam atau gusi.

Tips Memakai Benang Gigi
1.    Ada 2 benang khusus untuk membersihkan gigi. Benang gigi berbahan nilon (multifilament) dan PTFE (monoflame).
2.    Arah membersihkan dengan benang gigi harus dengan pola awal dan tidak boleh diubah. Jika membersihkan dari sebelah kanan lalu kekiri, maka seterusnya membersihkan dengan pola tersebut. Karena gigi sudah terbiasa dengan pola tersebut.
3.    Menggunakan benang gigi atau dental floss setelah menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi. Kalau dilakukan sebaliknya, maka pasta gigi yang tertinggal tidak akan bisa dibersihkan dan akan menumpuk karena tertinggal.
4.    Jika pada saat menggesekkan benang gigi atau dental floss pada gigi menyebabkan gusi berdarah. Hal itu adalah wajar, karena gusi yang teriritasi plak akan beraksi seperti itu. Namun jika gusi masih berdarah dalam beberapa hari, maka disarankan untuk ke dokter gigi.



Resiko Benang Gigi
Memakai benang gigi juga memiliki resiko dan bukan juga menjadi salah satu cara terbaik untuk membersihkan gigi dibanding lain. Gigi yang rutin dibersihkan dengan benang gigi atau dental floss dengan digesekkan dua arah maka akan menyebabkan trauma pada gusi. Jadi ada yang menyarankan jika membersihkan gigi dengan menyikat gigi saja sudah cukup, terlebih dengan bantuan obat kumur antiseptic. Jika menggunakan obat kumur, pastikan tidak yang mengandung alcohol karena jika digunakan jangka panjang akan bisa beresiko sakit kanker mulut. Sehingga baiknya menggunakan obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride atau BPK.

Biaya Benang Gigi
Dizaman serba mudah ini kita tidak perlu repot lagi mencari barang. Apalagi dengan adanya bantuan teknologi dan e-commerce. Kita tidak perlu repot harus datang langsung ke toko atau apotek. Kini, dengan bermodalkan handphone kamu sudah bisa membeli benang gigi atau dental floss di market place atau e-commerce favorit kamu dengan harga terjangkau dan praktis.
Benang gigi atau dental floss mudah dicaro yaitu bisa dibeli di toko swalayan atau apotek terdekat. Untuk yang tidak mau repot, kamu bisa akses e-commerce atau market place dengan kisaran harga mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 200.000an, disesuaikan dengan jumlah modelnya, dan ketersediaan barang ya. Karena untuk produsen di Indonesia masih terhitung jarang, jadi banyak alat yang dikirimkan dari luar negeri. Untuk model benang gigi atau dental floss semakin beragam, mulai dari benang putih biasa, head hygiene dental, flosser oral water jet, flosser tusuk gigi, dll.
                         
Nah, apakah informasi lengkap mengenai benang gigi atau dental floss cukup menjelaskan informasinya? Semoga informasi tentang benang gigi atau dental floss membantu kamu yang mau mulai atau mempertahankan kebersihan gigi. Karena hal tersebut juga penting untuk penampilan. Jangan lupa tersenyum guys..



Sumber:


No comments:

Post a Comment

New!

Halo! Marmara Cakes

 Amanda Dessy Utami Website & Community marmaracakes.com @marmaracakes.com