Powered By Blogger

Sunday, April 5, 2020

5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda



Menjaga Kesehatan Gigi - Kesehatan adalah aset berharga. Dengan badan sehat kita bisa melakukan aktifitas apa saja tanpa terkecuali, terutama untuk membahagiakan orang-orang tersayang disekitar kita. Mau mempunyai uang dan materi melimpah namun jika kita jatuh sakit, maka akan terkumpul dengan percuma karena penyembuhannya memerlukan materi. Bahkan ada pepatah bilang, jika kesehatan itu mahal. Betul, namun yang perlu diluruskan adalah biaya penyembuhannya agar sehat kembali yang membuat mahal.

Kesehatan tubuh yang baik diawali dari mulut dan gigi yang bersih. Karena semua makanan berawal dari mulut. Pada mulut terdapat syaraf-syaraf penting bagi tubuh dan organ lain. Pada mulut juga jika tidak dijaga kebersihannya dengan baik, maka bakteri yang akan masuk kedalam tubuh yang bisa masuk ke dalam aliran darah, maka akan mempengaruhi fungsi organ lain. Ada teori fokal infeksi yang menyebutkan kalau terdapat infeksi pada rongga mulut, maka hal ini akan mempengaruhi 3 penyakit sistemik yaitu penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, dan aterosklerosis.

Tentunya tidak mau bukan mengalami hal buruk seperti itu apalagi dalam usia muda? Yuk, mari jaga kesehatan gigi dan mulut dengan simak informasi berikut ini:


Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi yang merupakan dari awal menjaga kesehatan tubuh, berikut cara menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar:

1.    Sikat Gigi
Menyikat gigi sesudah makan memang masih menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Terlebih dalam sehari minimal menyikat gigi sebanyak 2 kali. Lebih sering lebih bagus apalagi setelah makan-makan yang manis. Agar kebersihan mulut dan gigi semakin terkendali.

Ganti sikat gigi anda minimal 3 bulan karena untuk menghindari kontaminasi bakteri. Jika sebelum 3 bulan bulu sikat gigi sudah keriting, maka sebaiknya harus segera diganti. Gantilah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar ketika menyikat gigi tidak melukai gusi.

Cara menyikat gigi dengan baik dan benar yaitu jangan menyikat gigi terlalu keras agar tidak melukai gusi dan mengikis enamel atau pelindung gigi walaupun dengan tujuan untuk menghilangkan plak dan bakteri. Jika enamel gigi semakin tipis, maka gigi akan semakin terasa sensitive dengan makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Lalu pegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat mengarah ke gusi. Sikatlah dengan lembut kearah luar dengan pola memutar. Cukup bersihkan per gigi sebanyak 10-15 per gigi dan paling lama dalam waktu 2 menit untuk waktu keseluruhan menyikat gigi.

2.      Dokter Gigi
Walaupun sudah rajin menyikat gigi. Tentunya pasti ada hal yang terlewat untuk dibersihkan oleh diri sendiri. Maka dari itu kita perlu bantuan dokter gigi untuk membantu membersihkan plak atau gigi berlubang. Jangan tunggu sampai sakit gigi untuk berobat ke dokter gigi. Karena durasi yang pas untuk memeriksakan kesehatan gigi adalah 6 bulan sekali. Hal ini penting untuk mendeteksi jika ada penyakit berbahaya pada tubuh atau gigi kita. Tentunya jika terdeteksi lebih awal, maka biaya pengobatan atau pencegahannya bisa lebih diminimalisir.

3.    Menggunakan pasti gigi berflouride
Pasta gigi berflorida bagus untuk tubuh karena mengandung zat yang dapat menghambat penyakit dan bakteri pada mulut yang mengakibatkan kerusakan, lalu bisa memperkuat enamel gigi anda. Zat floride bisa didapatkan dari unsur alami disekitar kita seperti pada makanan dan minuman kita.

4.    Hindari makanan mengandung gula
Bagi pecinta rasa manis tentu berat membatasi konsumsi makanan atau minuman mengandung gula. Gula memang baik untuk sumber energi. Namun jika dikonsumsi berlebihan maka akan berdampak buruk pada kesehatan.

Pada zaman dahulu, jadi teringat ketika orang tua kita terutama Ibu suka melarang kita memakan makanan manis nanti gigi kita bolong. Hal itu bukan sembarang kata-kata, karena dalam pemahaman kesehatan, makanan manis adalah sumber energi dari bakteri yang tugasnya membuat kesehatan gigi dan mulut kita memburuk. Seperti konsumsi gula berlebih bisa membuat keasaman mulut, membuat plak yang dapat membuat rusak enamel gigi dan gusi tentunya yang akan berujung pada gigi berlubang atau bolong.

5.    Hindari merokok
Bagi sebagian orang, meninggal kebiasaan merokok itu sulit. Namun jika kita sakit karena rokok akan lebih sulit lagi keadaan kita. Misalnya sudah terjadi gigi kita menjadi kuning tergerogoti dan mulut menjadi hitam akibat nikotin dan tar yang terkandung dalam rokok. Merokok bisa membuat mulut menjadi tempat terbaik untuk berkembang biak bakteri. Selain itu merokok dapat mempengaruhi penurunan kualitas kekuatan tulang yang mendukung gigi, sehingga bisa menyebabkan gigi copot atau tanggal dan parahnya bisa berujung pada sakit kanker mulut karena berbagai efek samping dari bahan kimia yang terkandung dalam rokok.

Resiko Gigi Rusak

Jika tidak dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut yang mengakibatkan gigi menjadi rusak yaitu dapat mengakibatkan peradangan pada bagian dalam jantung dengan nama lain endocarditis. Jadi Endocarditis ini adalah ketika mulut kita tidak kebersihannya dan terdapat banyak bakteri, maka bakteri tersebut akan terbawa aliran darah karena gusi berdarah.

Jika gigi rusak dan mulut kita kesehatannya buruk, maka akan berpengaruh pada gusi. Gusi yang sakit atau nama lain periodontal bisa menyebabkan infeksi pada mulut, gigi bisa hilang atau copot, dan komplikas penyakit lainnya.






1.    Memakai benang gigi atau dental floss. Karena untuk hasil maksimal membersihkan plak membandel yang menempel pada gigi bisa menggunakan benang gigi atau dental floss setelah menyikat gigi.
2.    Hindari minuman bersoda. Minuman bersoda memang nikmat menyegarkan namun zat yang terkandung seperti asam sitrat dan asam fosfat adalah zat yang kurang baik untuk tubuh karena dapat mengikis enamel pada gigi dan mengandung gula berlebih yang kurang baik untuk tubuh.
3.    Rajin menyikat gigi dalam sehari sebanyak 2 kali, tak lupa untuk menyikat lidah dan rongga mulut. Agar lebih maksimal bisa dengan bantuan obat kumur antiseptic yang tidak mengandung alcohol.
4.    Rajin minum air mineral. Manfaat segudang air mineral salah satunya untuk membantu membersihkan sisa makanan dalam mulut yang menempel pada gigi.




Nah, semoga informasi mengenai tips menjaga kesehatan gigi anda diatas membantu kamu untuk lebih peduli lagi pada kesehatan diri terutama mulut dan gigi. Hargai kesehatan mulut dan gigimu sebelum terlambat, sebagaimana kamu menghargai dirimu sendiri. Salam sehat guys…



Sumber:




No comments:

Post a Comment

New!

Halo! Marmara Cakes

 Amanda Dessy Utami Website & Community marmaracakes.com @marmaracakes.com