Powered By Blogger

Saturday, September 7, 2019

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi


Bagaimana Cara Memutihkan Gigi

Gigi Putih - Gigi yang putih cemerlang merupakan dambaan setiap orang. Namun seiiring usia warna gigi putih semakin berkurang. Hal itu pula disebabkan dari cara masing-masing individu menjaga kesehatan giginya. Bagi perokok atau penikmat kopi, masalah warna gigi kurang putih bahkan kuning, menjadi hal menakutkan. Anda menjadi kurang percaya diri pada penampilan. Namun kini sudah ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, baik secara alami atau bleaching. Penasaran info lengkapnya? Yuuk simak artikel berikut ini:

Cara Memutihkan Gigi

Cara untuk memutihkan Gigi bisa dengan 2 cara, yaitu secara alami atau dengan bantuan dokter. Kali ini akan bahas terlebih dahulu dengan cara alami untuk memutihkan gigi.

Alami
1.       Daun Sirih
Pernah lihat nenek-nenek mengunyah daun sirih lalu mulutnya menjadi merah? Nah dari zaman dahulu sudah diajarkan untuk menjaga kebersihan gigi dengan bahan disekitar seperti daun sirih. Caranya langsung dikunyah atau rebusan air daun sirih yang fungsinya untuk berkumur.

2.       Siwak
Siwak dari zaman Rasulullah sudah ada yang berfungsi sebagai alat untuk membersihkan gigi dari plak, memutihkan gigi, mencegah gigi berlubang, dan menghalangi timbulnya bakteri. Caranya, siapkan siwak yang sudah dibersihkan lalu ditumbuk sampai halus. Lalu tambahkan air sedikit sehingga muncul seperti pasta gigi dan gunakan seperti menyikat gigi sewajarnya.

3.       Strawberry
Buat kamu pecinta buah strawberry, kamu adalah beruntung karena banyak manfaatnya. Selain vitamin C yang bagus untuk tubuh, manfaat lain yaitu bisa memutihkan gigi. Caranya, Ambil beberapa buah strawberry secukupnya dari jenis strawberry apa saja. Lalu tumbuk sampai halus dan oleskan pada gigi. Setelah itu kumur hingga bersih.

4.       Lemon
Kini buah lemon menjadi trending untuk menguruskan badan. Ets tidak sampai disitu, asam pada lemon juga berguna untuk menyeimbang kadar pH dalam mulut. Selain itu asam lemon juga berguna untuk melawan bakteri penyebab gigi kuning. Caranya, ambil lemon secukupnya. Lalu diperas. Air perasan lemon tersebut dicampurkan dengan air hangat, Lalu kumur-kumur dalam 3 kali sehari agar bakteri penyebab gigi kuning hilang. Selain itu juga bisa jadi pasta gigi. Caranya, perasan air lemon sebanyak 1 sdm ditambah garam sedikit, jadilah pasta siap digunakan untuk membersihkan gigi.

5.       Apel
Buah apa yang ketika dimakan langsung otomatis dapat vitamin plus dapat membersihkan gigi yang terkena noda sehingga gigi menjadi kuning? Yap, betul buah apel. Cuman dengan makan buah apel, otomatis noda pada gigi kamu akan hilang ketika mengunyah

6.       Susu
Ini juga menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan gigi putih setiap hari. Yap, betul. Hanya dengan minum susu setiap hari, kamu akan mudah mendapatkan gigi putih alami karena zat fosfor dan magnesium. Apalagi kandungan kalsiumnya, buat gigi kamu lebih kuat hingga nanti.

7.       Dark Chocolate
Untuk kamu pecinta coklat, kamu bisa coba makan dark chocolate, karena manfaatnya besar yaitu bisa memutihkan gigi secara alami dari zat khusus yang terkandung dalam chocolate tersebut.

8.       Pasta Gigi Pemutih
Pilihlah pasta gigi pemutih yang mengandung hydrogen peroksida atau karbamida peroksida adalah zat yang membuat warna gigi kamu lebih terang. Jika dalam 2-6 minggu kamu rutin menyikat gigi sehari 2 kali, maka kamu akan dapatkan gigi putih cemerlang.


Bantuan Dokter
Kadar pemutih yang dijual bebas kadar pemutih giginya lebih rendah dibanding dokter gigi. Hasilnya, tingkat putih warna gigi kamu diatas 8 tingkat dari biasanya. Dengan bantuan dokter gigi, kamu bisa pilih cara untuk memutihkan gigi sebagai berikut:

1.       Cetakan Pemutih
Dokter gigi akan membantu membuat cetakan khusus sesuai ukuran gigi kamu agar bisa lebih putih. Jadi cetakan gigi tersebut terbuat dari gel bleching karbamida peroksida. Agar tingkat kecerahan meningkat 1-2 tingkat, maka kamu harus rajin pakai cetakan pemutih ini selama 2-4 jam selama sehari.

2.       Sinar Laser Pemutih
Cara memutihkan gigi dengan laser adalah salah satu produk bleaching yang dilakukan dokter. Caranya sinar laser pemutih gigi diarahkan langsung ke gigi pasien selama 1 jam agar bahan atau zat pemutih menjadi aktif.

3.       Polishing
Polishing atau memoles gigi dengan alat khusus oleh dokter gigi. Biasanya Polishing dilakukan bersamaan dengan scaling atau pembersihan karang gigi. Hal ini ampuh untuk menghilangkan noda pada gigi karena minum kopi, teh, cola, merokok, dll.

4.       Bleaching
Dokter gigi biasanya menggunakan produk bleaching semacam obat atau pasta gigi pemutih untuk pasiennya sebagai cara popular yang instan. Bleaching dibagi menjadi 2 cara yaitu internal dan eksternal.

a.       In office Bleaching
Cara memutihkan paling popular saat ini adalah in office bleaching. Caranya dengan mulut kamu diberi pelindung gusi. Lalu diberi gel bleaching dan disinari. Agar warna putihnya maksimal. Proses ini memakan waktu selama 90 menit saja dan hasilnya bisa langsung terlihat setelah proses in office bleaching selesai.

b.       Veneer
Melapisi gigi dengan bahan porcelain atau composite adalah salah satu cara memutihkan gigi atau yang biasa kita sebut veneer. Beberapa orang melakukan ini karena sebelumnya dengan cara alami ataupun bleaching sudah kurang ampuh.

Manfaat Memutihkan Gigi
Tentunya jika mempunyai gigi yangputih, rapih dan bersih adalah idaman semua orang. Karena jika gigi putih atau sudah melakukan memutihkan gigi maka manfaatnya banyak sekali, seperti kepercayaan diri dalam pekerjaan yang kaitan pekerjaannya bertemu dengan orang banyak, percaya diri tampil didepan umum atau khalayak, Tidak malu lagi dan minder dengan orang lain.

Biaya Memutihkan Gigi

Biaya memutihkan gigi bisa beragam tergantung dari bahan dan caranya. Misal kalau membersihkan dengan bahan alami, biaya yang dibutuhkan tentunya rendah dan terjangkau untuk semua golongan. Jika melakukan memutihkan gigi pada dokter, jenis perawatan dan tempat klinik tentunya lebih mahal. Misalnya berikut list estimasi biaya klinik pemutihan gigi di Rumah Sakit Siloam Bogor harga mulai dari Rp 4.000.000. Kalau di RS Permata Bekasi harga mulai dari Rp 2.007.000.  Kalau di RS Awal Bros Makassar harga mulai Rp 520.000.                

Tips Memutihkan Gigi

Setelah melihat biaya jika memutihkan gigi di Rumah Sakit atau Dokter gigi klinik khusus, harganya cukup buat kaget dan sesak napas ya. Maka dari itu, mulai dari sekarang yuk jaga kebersihan gigi terutama agar gigi terlihat putih alami, berikut tipsnya:

  1. Buat kamu pecinta minum kopi, teh, wine, mulai sekarang hindari ya atau minimal dikurangi konsumsinya. Jika masih belum bisa, maka tipsnya setelah minum langsung berkumur.
  2. Rajin menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung pemutih gigi yaitu hydrogen peroksida atau karbamida peroksida.
  3.  Rajin berkumur dengan obat kumur antiseptic.
  4.  Gunakan dental floss atau benang gigi yang dapat digunakan sehari sekali.



No comments:

Post a Comment

New!

Halo! Marmara Cakes

 Amanda Dessy Utami Website & Community marmaracakes.com @marmaracakes.com