Powered By Blogger

Monday, February 8, 2016

Cinderamata buat Dosen

Ada yang bingung cara berterima kasih buat dosen pembimbing skripsi? Penguji Skripsi? Staf TU? Mau ngasih ini itu takut ga diterima. Nah, buat yang masih bingung tips ini bisa dipakai nih.

Berterima kasih disini bukan dalam arti suap/gratifikasi/de el el yaa. Karena Indonesia identik dengan sikap balas budi suatu kebaikan dari orang lain. Jadi cara ini tepat banget buat kamu-kamu yang sedang dalam skripsi, mau sidang skripsi, bahkan sudah sidang skripsi mau berterima kasih sama dosen-dosen di kampus karna sudah sabar, mau membimbing skripsi kita sampai dapat hasil yang terbaik, mau di ganggu waktunya di kampus bahkan sampai motong jam ngajarnya di kelas (Hahaha), di sms terus minta bimbingan sampe ga di bales-bales sms kita (hiks *curhat*). Oke stop curhat, simak tipsnya ya.

1. Kain tradisional daerah
Sebagai anak rantau pasti udah ga asing sama benda khas daerahnya. Misalnya kain. Kalo aku sih ngasih kain batik dari Jawa Barat. Sesuai kantong doku sendiri & orang tua ya. Kasian. Harus bersabar & coba keliling di pasar tradisional. Karna banyak banget pilihannya. Usahakan dapat harga yang cukup murah & bagus. Untuk pria pilih warna gelap, misalnya contoh punyaku warna biru gelap. Sesuaikan karakter dosennya. dan kira-kira suka ga ya motif ini. Sambil milih-milih kain skalian bayangin dosennya, cocok ga ya sama karakternya yang cukup tegas ini. Berlaku juga buat dosen wanita, pilihlah warna merah/merah muda/hijau tosca/jingga. Yaa seperti itulah. Kalo punyaku pilih warna pink, karna karakter dosennya lembut dan baik.

2. Makanan
Untuk makanan agak sedikit ribet ya. Usahakan janjian dulu dengan dosen ybs, sms dulu, karna kalo ga janji dulu dan kita udah terpaksa beli kue/brownies akhirnya mubadzir. Hiks, kaya contoh punyaku. Nama browniesnya abaikan yaa karna sama dengan penulis. Haha.. Ceritanya nekat beli karna jarak toko dari kampus cukup jauh & alasan mumpung skalian. Belum di sms dosennya, karna stiap hari juga stay di kampus. Pas di sms, deg, "maaf Amanda saya lagi di Surabaya, lagi workshop". Kyaaa kecewa, mana cuman ada waktu kadaluarsa maksimal 3 hari. Ini hari jumat, dan bapanya adanya hari senin. Udah jamuran dong. Akhirnya di makan sendiri dan beli kue kering aja. :') Daripada bapanya makan jadi sakit perut & mengutuk mantan anak bimbingannya gimana. Huhu.. Jadi tips singkatnya, beli kue kering/snack. Oke

Ah, makanan khas daerah juga bisa. Misalnya dodol Garut, kerupuk Palembang, dll.

3. Aromaterapi
Tips ini bisa dipakai, karna penulis juga pernah nanya temen yang dari Bali. Dia beli lilin aromaterapi/minyak aromaterapi. Tapi, dipikir juga ya belinya, apakah kira-kira dipakai sama dosennya atau ngga.

4. Kerudung & Bros
Buat yang dosennya berjilbab, bisa nih dipakai tips ini. Bisa pashmina atau kerudung segi empat. Perhatikan juga kebiasaan dosennya pakai jenis kerudung apa & warna apa ya. Bros nya juga jangan lupa ya.

5. Buku
Tips ini dari hasil nanya temen-temen di kampus jarang dipakai. Karna takutnya ini udah ada dari salah satu koleksi buku-bukunya dosen. Tengsin kalo ngasih buku yang sama. Haha.. Masa koleksi buku dosen dikit, iya kalau mahasiswa dikit. wkwkw Oia, kasih pembatas buku juga bisa lho. Beli di toko buku ga sampai 5ribu rupiah.



Yaa, tips diatas yang paling banyak di pakai mahasiswa yang mau ngasih dosennya cinderamata. Biar mempermudah bawa itu semua, se ngga nya beli tas karton batik gitu ya di toko buku. Dulu beli tas batik itu di toko Kharisma, harganya dibawah 10ribu kok. Ingat, tips ini buat yang mau dan mampu beli. Kalo lagi seret doku karna abis bejibun ngprint skripsi beserta revisinya, bisalah salah satu barang diatas. Tapi dibungkus kertas kado ya, biar lebih rapi & enak buat dikasih. Atau mau ga ngasih juga, gapapa kok. Ga ada peraturan baku. Doain dosen ybs selalu sehat juga oke. Ini rata-rata mahasiswi yang ngasih, kalo mahasiswa rata-rata cuek aja tuh selesai sidang skripsi. Haha
Ingat ya, ngasih cinderamata setelah sidang skripsi atau selesai revisi sidang skripsi, biar ga dikira suap nilai sidang. Haha

Oke deh, sekian tipsnya. Semoga bermanfaat ya. ^^

No comments:

Post a Comment

New!

Halo! Marmara Cakes

 Amanda Dessy Utami Website & Community marmaracakes.com @marmaracakes.com